Pages

Jumat, 20 September 2013

Adu Gaya Tiga Negara

BANDUNG – Perhelatan Menpora Cup dibuka secara resmi di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, hari ini. Delapan tim dari sejumlah negara siap berlaga dalam kompetisi yang dipusatkan di Bandung dan Malang, 20-29 September tesebut. Di grup A, persaingan akan menyuguhkan karakter berbeda permainan ala tiga negara, Indonesia, Malaysia, dan Australia.
 
Indonesia diwakili dua tim elitnya, Persib Bandung dan Sriwijaya FC. Malam ini, Persib akan mengawali kiprahnya di Menpora Cup dengan bertanding melawan Malaysia U23 pada pukul 18.30 WIB live MNC TV. Sedangkan Sriwijaya FC meladeni gaya sepakbola ala Eropa milik Central Coast Mariners, salah satu klub tersukses A-League Australia.
 
Menjelang pertandingan pertama Menpora Cup, Pelatih Persib Bandung Djadjang 'Djanur' Nurdjaman mengungkapkan kesiapan tim asuhannya. Meski baru saja menyelesaikan laga terakhir Indonesia Super League (ISL) akhir pekan kemarin di Papua, skuad Pangeran Biru tetap akan menyuguhkan permainan terbaiknya.
 
"Hanya dua hari latihan sebelum Menpora Cup, secara fisik memang cukup melelahkan. Di pertandingan pertama kondisi tim tidak akan sampai 100%, tapi kami tetap berusaha tampil maksimal," ucap Djanur usai memimpin latihan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, kemarin.
 
Persib juga mengalami kendala berupa absennya beberapa pemain pilar. Kiper I Made Wirawan, defender Tony Sucipto, serta bomber andalan mereka Sergio van Dijk harus berada di Jayapura untuk mengikuti pertandingan Perang Bintang. Penjaga gawang kedua pun, Shahar Ginanjar, kini bergabung dengan Timnas U23 untuk Islamic Solidarity Games (ISG) 2013.
 
Meski begitu, Djanur memiliki kepercayaan penuh terhadap pemain-pemain lain. "Kami akan menurunkan pemain yang ada melalui pola rotasi. Siapa pun yang siap, dia yang dimainkan," ucap pemain Persib era 1980-an ini.
 
Terkait calon lawan, Djanur menyebut, Malaysia U23 memiliki keuntungan berupa masa persiapan yang lebih panjang. Apalagi, kesebelasan besutan pelatih Ong Kim Swee itu merupakan tim yang diproyeksikan untuk mengikuti SEA Games di Myanmar.
 
"Bagaimana pun Malaysia adalah saingan (Timnas) kita di tataran nasional. Pasti kuat dan butuh kerja keras untuk meraih poin dari mereka. Secara detail, saya belum tahu pasti kekuatan mereka seperti apa. Tapi sekilas Malaysia mengandalkan kerjasama tim dan kolektivitas. Mereka juga disiplin," kata Djanur.
 
Sementara itu, meski lebih diunggulkan, Central Coast Mariners enggan menganggap enteng penghuni Grup A lainnya. Menurut pelatih Graham Albert, semua kesebelasan di Menpora Cup patut diwaspadai, karena merupakan tim unggulan di negara masing-masing.
 
"Kami akan menampilkan permainan terbaik di kompetisi ini. Tuan rumah grup, Persib adalah tim kuat di Indonesia, begitu juga dengan peserta lain. Saya memang hanya sedikit saja memantau persepakbolaan di Indonesia, tapi saya tahu kualitas kompetisi di sini mengalami kemajuan," kata mantan pelatih Timnas Australia ini.
 
Sedangkan pada persaingan Grup A yang dipusatkan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Mitra Kutai Kartanegara akan memulai kompetisi dengan menghadapi Persepam Madura United, besok. Setelah laga tersebut, giliran Arema Cronous yang berhadapan dengan Loyola Meralco Sparks Filipina.
 
Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow twitter kami @bola_okezone
(Gugum Rachmat/Koran SI/acf)

Source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/20/50/868978/adu-gaya-tiga-negara