Pages

Minggu, 30 Juni 2013

Kena Protes, Blatter: Ini Konfederasi Terbaik

TEMPO.CO, Rio de Janeiro - Presiden FIFA Sepp Blatter tidak melihat ada masalah dengan Piala Konfederasi 2013. Ia bersikeras bahwa sepak bola telah mampu mengalihkan perhatian dari protes publik yang melanda Brasil.

Blatter yakin Piala Konfederasi 2013 akan signifikan bagi proses pembangunan kembali Brasil. Ia menolak klaim yang menyatakan Brasil tak siap untuk menyelenggarakan piala dunia tahun depan.

"Sebagai presiden FIFA, saya harus mengatakan bahwa, dari sudut pandang organisasi, ketika datang ke stadion untuk pertandingan sepak bola, saya sangat senang dengan apa yang telah terjadi di sini," katanya seperti dikutip ESPN, Sabtu, 29 Juni 2013. "Kami mampu bermain dalam praktis enam stadion baru dan kami hanya menerima pujian dari delapan peserta kompetisi ini."

"Di lapangan sepak bola, mudah untuk mengatakan bahwa ini adalah piala konfederasi terbaik yang pernah kita selenggarakan. Pertandingannya menarik bahkan dengan wakil Oceania Tahiti pada standar yang lebih rendah," tambah Blatter.

Blatter menilai kualitas pertandingan Piala Konfederasi 2013 akhirnya mampu meredam protes publik Brasil. Blatter mengaku memahami keresahan sosial warga Brasil namun ia melihat Piala Konfederasi 2013 telah membawa emosi dan harapan bagi 200 juta jiwa penduduk Brasil. 

"Tentu, kompetisi ini telah dimainkan dalam situasi di mana ada kerusuhan sosial dengan protes dan manifestasi, tetapi saya harus mengatakan bahwa sepak bola akhirnya telah memainkan peran positif di sini," ujar Blatter. "Itu bagian dari emosi dan saya akan mengatakan sepakbola menghubungkan orang-orang di stadion. Sayangnya itu juga menghubungkan orang-orang di jalan."

Unjuk rasa di Brasil berlangsung makin tak terkendali selama penyelenggaraan Piala Konfederasi 2013. Satu demonstran tewas setelah terjadi bentrokan dengan polisi anti-huruhara Brasil jelang semifinal antara Brasil vs. Uruguay, pekan lalu.

"Saya bisa memahami keresahan sosial ini, sungguh. Tapi di sisi lain, sepakbola saat ini membawa seluruh benua dengan 200 juta jiwa penduduk ini dalam emosi dan harapan," kata Blatter. "Sepak bola akan keluar dari kompetisi ini dengan pesan yang jelas. Ya, itu adalah kompetisi yang bagus dan kami senang bisa kembali ke sini tahun depan di Piala Dunia dengan 32 tim dan 64 pertandingan."

ESPN | KHAIRUL ANAM

Baca juga:
Ini Wasit Final Piala Konfederasi 2013
Maradona: Jangan Campur Sepak Bola dengan Politik
Bobotoh Persib Bagi Bunga ke Mobil Plat B
Cavani Sepakat Tawaran Rp 108 Miliar dari Chelsea

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/30/099492330/Kena-Protes-Blatter-Ini-Konfederasi-Terbaik