Pages

Jumat, 12 Juli 2013

Lawan Arsenal, Indonesia Akan Bermain Menyerang

TEMPO.CO, Jakarta -Tim Indonesia Dream Team diproyeksikan untuk bermain menyerang ketika menjamu Arsenal dalam laga eksebisi di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 14 Juli mendatang. Ihwal itu dikatakan pelatih tim Indonesia, Jacksen Ferreira Tiago, Jumat 12 Juli 2013.

"Ketika menghadapi Belanda, Indonesia sudah fokus pada pertahanan dan hasilnya cukup bagus. Sekarang kami ingin mencoba menekan lawan," kata Jacksen Taigo.

Jacksen menyadari strategi itu tidak akan berjalan mudah di lapangan. Arsenal adalah tim yang kuat, memiliki pemain berkualitas, dan kompak karena telah berlatih bersama dalam jangka waktu lama. Berbeda dengan tim Indonesia yang baru beberapa hari berkumpul.

"Para pemain juga masih punya kekurangan, seperti soal memegang bola. Passing masih menjadi persoalan, tapi saya akan memperbaiki itu dalam waktu yang tersisa. Yang jelas saya yakin permainan tim akan lebih baik dibanding ketika menghadapi Belanda," kata Jacksen.

Jacksen mengatakan pertandingan melawan Arsenal bukan fokus utama. "Saya ingin membangun tim untuk melawan Cina," katanya. Pertandingan melawan Cina adalah lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2015 yang akan digelar pada Oktober mendatang di Jakarta.

"Melawan Arsenal hanyalah rangkaian persiapan untuk itu. apa yang saya lakukan sekarang adalah membangun konsep tim yang bagus di segala lini untuk melawan Cina," ujar pria Brasil itu.

Keinginan mencari konsep permainan terlihat dari banyaknya "muka baru" yang terpilih masuk daftar tim untuk menghadapi Arsenal. Dari 24 nama yang dirilis, lima pemain belum pernah memperkuat timnas senior sebelumnya, seperti Rivki Mokodompit, Ngurah Wahyu, Yustinus Pae, Rizki Ripora, atau Rizky Pellu. Sebaliknya, beberapa pemain yang sebelumnya menjadi langganan, seperti Andik Vermansah atau Greg Nwokolo justru tidak dipanggil.

"Itu saya lakukan untuk memberi kesempatan kepada pemain baru," ujar Jacksen. "Khusus Andik, bukan berarti ia tidak sesuai kriteria saya. Andik pemain dengan kemampuan dan skill bagus, tapi saya memberinya kesempatan untuk bergabung dulu dengan timnas U-23."

Timnas U-23 saat ini tengah berada di Singapura untuk menantang timnas U-23 Negeri Singa tersebut. Pertandingan itu adalah rangkaian persiapan tim untuk mengahadapi Sea Games di Myanmar akhir tahun nanti.

Terkait cedera Boas Solossa, Jacksen optimis pemain kesayangannya itu bisa pulih untuk menghadapi Arsenal. Boas sebelumnya cedera hamstring ketika menghadapi Persiram Raja Ampat di lanjutan Liga Super Indonesia.

Kemungkinan bisa tampilnya Boas pun diutarakan fisioterapis timnas Matias Ibo dalam latihan di GBK semalam. Boas berlatih terpisah dari pemain lain saat itu, dan dikontrol langsung oleh Matias.

"Bisa saja Boas nanti turun menghadapi Arsenal. Ia hanya harus menyesuaikan latihan agar tidak terlalu berat. Yang jelas, nanti sebelum pertandingan akan dibicarakan lebih lanjut, apakah ia bisa diturunkan atau tidak," kata Matias.

ARIE FIRDAUS

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/12/099495899/Lawan-Arsenal-Indonesia-Akan-Bermain-Menyerang