Pages

Selasa, 28 Mei 2013

Hodgson Minta Fans Inggris Bersikap Baik pada Suporter Tamu

Hodgson Minta Fans Inggris Bersikap Baik pada Suporter Tamu

Roy Hodgson (AFP/Lindsey Parnaby)

Liputan6.com, London : Pelatih Timnas Inggris Roy Hodgson meminta secara tertulis agar para pendukung bertingkah laku positif pada saat menyaksikan pertandingan persahabatan Timnas Inggris melawan tamunya Timnas Republik Irlandia. Laga persahabatan akan digelar di Stadion Wembley, Rabu 29 Mei nanti.

Pertandingan persahabatan itu merupakan pertemuan pertama antara kedua negara tersebut sejak para perusuh sepakbola menyebabkan dihentikannya pertandingan di Dublin pada 1995 silam.

FA mengkhawatirkan lagu-lagu anti-Tentara Republik Irlandia (Irish Republican Army/IRA) akan berkumandang di stadion Wembley, khususnya pada pertandingan yang terjadi tidak lama setelah Liga Pertahanan Inggris mendapat publikasi karena melakukan protes terhadap pembunuhan seorang tentara di London yang diduga dilakukan oleh ekstrimis Islam.

Pertandingan persahabatan di Dublin 18 tahun silam dihentikan pada menit ke-27 ketika para pendukung Inggris memulai kerusuhan dengan mencabut kursi-kursi stadion dan melemparkannya ke dalam lapangan. Motif mereka adalah kebencian terhadap IRA yang berjuang mengakhiri kekuasaan Inggris di Irlandia Utara.

IRA dibubarkan setelah tercapai kesepakatan damai pada 1998 yang mengakhiri kekerasan selama tiga dekade antara mayoritas nasionalis Katolik Irlandia dan minoritas Protestan yang menginginkan tetap menjadi bagian dari Inggris Raya. Selama kekerasan berlangsung, lebih dari 3.000 orang terbunuh.

"Menjelang pertandingan melawan Irlandia, atas nama FA, saya ingin meminta para pendukung kami untuk menghargai lawan-lawan kami dan menyambut mereka dengan cara yang baik," tulis Hodgson pada surat elektronik yang dikirim kepada para pemegang tiket.

"Wembley dikenal dunia sebagai rumah sepakbola dan kami meminta mereka yang datang untuk tidak ambil bagian dalam lagu-lagu apa pun -- khususnya pada perspektif agama atau politik -- yang dapat menyerang tamu-tamu kita atau pendukung lainnya," tulis pelatih Timnas Inggris tersebut.

Setelah pertandingan persahabatan nanti, Inggris dijadwalkan menjalani laga serupa melawan Brasil di kandang Negeri Samba, Minggu 2 Juni. Sementara Irlandia, yang menghuni peringkat keempat di Grup C Kualifikasi Piala Dunia akan menjamu skuat Kepulauan Faroe pada pertandingan kualifikasi, Jumat 7 Juni mendatang. (Ant/*)

Source : http://bola.liputan6.com/read/598657/hodgson-minta-fans-inggris-bersikap-baik-pada-suporter-tamu