Pages

Minggu, 26 Mei 2013

Persiba Habisi Persija FC

BANTUL - Persiba Bantul masih terlalu tangguh bagi Persija FC. Dalam lanjutan Indonesian Premier League (IPL) yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul, Persiba mencukur Persija FC tiga gal tanpa balas, Minggu (26/5/2013) sore.

Tiga gol tim Sultan Agung dicetak masing-masing oleh Slamet Nurcahyo menit ke-12, Johan Manaji menit ke-60 dan Roberto Kwateh menit ke-89.  
Atas kemenangan ini, Persiba merangsek ke posisi tiga klasemen IPL 2013 dengan 16 poin, menggeser Pro Duta FC dan PSIR Rembang. Sedangkan bagi Persija FC, kekalahan ini semakin menenggelamkan tim asal ibukota di dasar klasemen.
 
Jalannya pertandingan
Sejak menit pertama berlangsung dalam tempo cepat. Persiba yang berambisi mengamankan tiga poin, langsung tampil ofensif. Laga baru berjalan 12 menit, tim berjuluk Laskar Sultan Agung sudah memimpin lewat gol yang dicetak Slamet Nurcahyo. Unggul 1-0 membuat Persiba semakin trengginas melancarkan serangan.
 
Sayangnya, Burhanudin yang menjaga mistar gawang Persija FC tampil ciamik di laga tersebut. Sejumlah peluang emas milik Persiba berhasil dimentahkan. Upaya Persiba untuk menggandakan keunggulan belum berhasil sampai 45 menit babak pertama berakhir.
 
Memasuki babak kedua, Persiba melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Johan Manaji menggantikan Oktavianus. Pergantian pemain ini menuai hasil positif. Laga baru berjalan lima menit, Johan Manaji memberi umpan matang kepada Slamet Nurcahyo yang berhasil menembus benteng pertahanan Persija FC.
 
Pemain belakang Persija Abdul Malik terpaksa harus menjatuhkan Slamet Nurcahyo di kotak terlarang. Wasit MUhlisin yang memimpin laga pun langsung menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti kepada Persiba. Sayangnya, Eduardo Bizarro yang menjadi algojo penalti gagal menceploskan si kulit bundar ke gawang Persija FC setelah tendangannya diblok Burhanudin.
 
Kegagalan menambah gol lewat titik putih tidak membuat tim yang berdiri sejak 1967 ini patah arang. Perrsiba berhasil menggandakan keunggulan lewat Johan Manaji pada menit ke-60 setelah menerima umpan matang dari Slamet Nurcahyo dari rusuk kanan pertahanan Persija FC.
 
Johan yang berdiri bebas dengan mudah menyarangkan bola ke ruang kosong gawang tim Macan Kemayoran ini. Dua gol Persiba memimpin.
 
Persija FC berusaha bangkit mengejar defisit gol. Aksi striker Cornelis Dedy beberapa kali membahayakan gawang Persiba yang dikawal Wahyu Tri Nugroho. Namun, serangkaian peluang yang tercipta belum mampu menggoyang jala Persiba.
 
Justru petaka kembali menaungi Persija FC di penghujung laga. Roberto Kwateh yang menggantikan I Made Wirahadi mampu memperbesar keunggulan Persiba satu menit sebelum laga bubar. Striker asal Liberia ini mencetak gol spektakuler dengan tendangan voli jarah jauh dari rusuk kanan pertahanan Persija FC. Gol Kwateh ini menjadi penutup pesta Persiba.
 
Manajer Persija FC Haris Hidayat mengakui timnya kalah kelas dibanding Persiba. Selain itu, kekalahan yang dicerita juga disebabkan faktor kelelahan yang dialami Ferdy Mode dkk. "Pemain kecapaian, tapi saya harus angkat topi, Persiba memang unggul segalanya dari kami," katanya usai laga, Minggu (26/5/2013).
 
Meski kalah, Haris mengakui puas dengan performa tim besutan Untung Sugiyarto ini. "Target kami dipertandingan ini memang bukan untuk menjadi juara, tetapi hanya memberi pengalaman kepada pemain kami," ungkapnya.
 
Asisten Pelatih Persiba Albert Rudiana mengatakan, meski menang namun dari sisi pertandingan kurang memuaskan. "Justru Persiba terbawa alur permainan Persija, terutama di babak pertama. Selain itu, banya peluang yang tercipta tidak mampu menjadi gol. Seandainya lebih tenang, saya yakin bisa lebih unggul lebih dari tiga gol," jelasnya.
(Ridwan Anshori/Koran SI/fir)

Source : http://bola.okezone.com/read/2013/05/26/49/812912/persiba-habisi-persija-fc