Pages

Senin, 27 Mei 2013

Lyon dan Nice amankan tiket Eropa

Paris (ANTARA News) - Lyon mengamankan tiket fase kualifikasi Liga Champions mereka untuk musim depan berkat kemenangan 2-0 atas Rennes pada hari terakhir musim Liga Prancis pada Minggu, sedangkan Nice mengungguli Lille untuk meraih tiket Liga Eropa setelah menang 2-0 di markas Ajaccio.

Lisandro Lopez mencetak gol melalui penalti di babak pertama untuk Lyon di Stade Gerland setelah Onyekachi Apam menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang, sedangkan tendangan bebas Clement Grenier pada menit ke-69 mengamankan tiga angka bagi pasukan Remi Garde saat mereka meraih peringkat ketiga untuk memastikan tempat menuju kompetisi klub papan atas Eropa.

Sementara itu, penyerang Nice Dario Cvitanich mencetak gol ke-19nya musim ini lima menit setelah turun minum, kemudian Eric Bautheac menambahi gol kedua 14 menit sebelum pertandingan usai ketika klub Mediterranean itu melompat melewati Saint-Etienne dan Lille untuk finis di peringkat keempat dan mendapat tempat di Liga Eropa musim depan.

Kemenangan di kandang sendiri atas Sint-Etienne akan membuat Lille mendapatkan tempat di Liga Europa dengan mengorbankan Nice, dan tuan rumah terlihat berada di jalur yang tepat saat Salomon Kalou mencetak gol pembuka di pertandingan itu sebelum turun minum.

Bagaimanapun, gol penyama kedudukan di menit ke-59 yang dibukukan Romain Hamouma membuat Saint-Etienne, yang menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain menyusul diusirnya Josuha Guilavogui, berbagi satu angka dan menggagalkan mimpi petualangan Eropa Lille untuk musim depan karena kdua klub ini finis di peringkat kelima dan keenam.

Pada bagian lain di klasemen, kebangkitan Troyes untuk menghindari degradasi tidak berlangsung lama ketika mereka menderita kekalahan 1-2 dari tuan rumah Valenciennes.

Membutuhkan kemenangan dan mengharapkan Bastia untuk mengalahkan Sochaux, Benjamin Nivet memberi harapan untuk sintas pada Troyes saat ia membawa tim tamu unggul pada menit ke-12.

Namun gol bunuh diri dari Florian Jarjat di babak kedua membuat tuan rumah dapat menyamakan kedudukan, sebelum Gregory Pujol memberikan pukulan fatal dengan mencetak gol kemenangan pada menit ke-89 untuk Valenciennes, saat Bastia dan Sochaux bermain imbang tanpa gol.

Tim juara Paris Saint Germain mengakhiri musim dengan gemilang ketika mereka menang 3-1 atas tuan rumah Lorient dengan David Beckham, yang melakukan penampilan terakhir sepanjang karirnya pada akhir pekan lalu, menyaksikan pertandingan dari pinggir lapangan.

Zlatan Ibrahimovic mencetak gol liga ke-30nya musim ini pada menit ke-51 untuk membawa PSG memimpin di Stade du Moustoir, sebelum ia memberi umpan pada gol Kevin Gameiro di menit ke-63.

Gameiro kemudian mengganakan catatan golnya tiga menit berselang, setelah ia mendapat umpan dari Javier Pastore.

Kiper PSG Ronan Le Crom diusir keluar lapangan sepuluh menit menjelang pertandingan usai karena menjatuhkan Julien Quercia, kemudian Arnaud Le Lan mencetak satu gol melalui titik penalti untuk Lorient ketika ia menaklukkan Mamadou Sakho, yang menjadi kiper tim tamu.

Di tempat lain, Marseille ditahan imbang tanpa gol di kandang sendiri oleh Reims, sedangkan dua gol Cheick Diabate membawa Bordeaux menang 2-1 atas Evian.

Wissam Ben Yedder mencetak dua gol untuk membuat ia telah mencetak 15 gol pada musim ini saat Toulouse menang 2-0 atas Montpellier, sedangkan Nancy menang 2-1 di markas Brest pada pertandingan antara dua tim yang sudah dipastikan terdegradasi.

(H-RF/A008) 27-05-2013 05:39:28

Source : http://www.antaranews.com/berita/376815/lyon-dan-nice-amankan-tiket-eropa