Pages

Minggu, 26 Mei 2013

Robben hantar The Bavarians juara Champions

Borrusia Dortmund v Bayern Muenchen

Robben hantar The Bavarians juara Champions

Anto Kurniawan

Minggu,  26 Mei 2013  −  03:43 WIB

Robben hantar The Bavarians juara Champions

Winger Bayern Muenchen Arjen Robben saat mencoba melewati pemain bertahan Dortmund Hammels/Reuters

Sindonews.com - Bayern Muenchen berhasil menjadi juara Liga Champions musim 2012-2013 berkat gol telat Arjen Robben pada menit akhir jelang laga bubar untuk mengubah skor menjadi 2-1 atas Borrusia Dortmund di laga final, Minggu (26/5/2013). Sempat bermain sama kuat 1-1, Bayern harus berterima kasih kepada Robben yang berhasil membongkar pertahan Dortmund untuk memberikan kemenangan sempurna.

Pada laga yang berlangsung di London tersebut, Dortmund yang memakai jersey edisi Liga Champions mereka menekan di menit awal dan mendapatkan hadiah tendangan penjuru pertama. Skuad asuhan Jurgen Klopp terlihat langsung tancap gas sejak peluit berbunyi, sayang barisan pertahan Bayern masih cukup tangguh dan belum terbongkar.

Bayern yang memperkenalkan jersey baru mereka yang akan dipakai untuk musim depan terlihat tertekan meski sesekali mampu keluar memberikan perlawanan. Peluang emas Dortmund didapatkan di menit ke 10 ketika gelandang mereka memperoleh kesempatan melesatkan tendangan keras lewat dari upaya serangan balik cepat Dortmund. Sayang tendangan kerasnya masih jauh dari gawang yang di jaga Manuel Neuer.

Pada menit ke 13, Dortmund nyaris membuka keunggulan jika saaja tendangan keras Robert Lewandowski gagal ditepis Neuer. Kembali kiber timnas Jerman itu melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan keras pemain Dortmund. Bayern mencoba keluar dari tekanan dengan perlahan menguasai lini tengah, namun sayang skuad muda Dortmund terus memborbardir pertahanan The Bavarians -julukan Bayern-.

Akhirnya Bayern menciptakan peluang pertama pada menit ke 26, berawal dari umpan silang Ribery, Mandzukic meneruskannnya dengan tandukan kepala. Sayang masih mampu ditepis oleh Weidenfeller. Kembali jelang turun minum Robben melewatkan peluang emas untuk membuka keunggulan ketika sepakannya yang memanfaatkan kelengahan Hummels masih membentur wajah Weidenfeller. Hingga memasuki perpanjangan waktu babak pertama belum ada gol yang tercipta dan hingga turun minum kedudukan masih sama kuat tanpa gol 0-0.

Memasuki paruh kedua Dortmund menciptakan peluang pertama lewat pergerakan Reus yang memaksa Ribery melakukan pelanggaran. Selanjutnya Bayern yang masih mengandalkan kecepatan dua pemain sayap mereka membangun serangan dari sektor tersebut untuk memecah kebuntuan. Pada menit ke 59 peluang pertama Bayern di babak kedua ini lahir lewat Javi Martinez yang berhasil menanduk bola liar di depan gawang Dortmund, namun sayang bola masih bisa diselamatkan oleh Weidenfeller.

Bayern akhirnya membuka keunggulan lewat Mandzukic yang berhasil memaksimalkan umpan Robben untuk mengubah skor menjadi 1-0. Gol tersebut memompa semangat para penggawa Bayern untuk terus kembali menekan, sayang justru Dortmund yang mampu bangkit pada menit ke 67. Lewat pergerakan Reus yang menusuk jantung pertahanan The Bavarians -julukan Bayern- memaksa Dante melakukan pelanggaran. Wasit yang melihat hal itu langsung menunjuk titik putih dan memberikan peluang bagi Dortmund menyamakan kedudukan.

Gündogan selaku algojo sukses melakukan tendangan tersebut dengan sempurna dengan mengarahkan bola ke arah kiri gawang dan tanpa mampu diantisipasi oleh Neuer. Skor berubah menjadi sam kuat 1-1. Selanjutnya kembali Dortmund membangun serangan, sayang umpan Hummels masih terlalu jauh. Beberapa menit berselang, tendangan Thomas Muller menerobos hadangan Weidenfeller. Beruntung masih ada Neven Subotic yang bersusah payah membersihkan bola di depan gawang sebelum dapat menjangkau Robben

Memasuki sepuluh menit terakhir pertandingan, Bayern mendominasi pertandingan. Dua kali Bastian Schweinsteiger mencoba menciptakan peluang namun, dua kali pula upayanya gagal. Pada peluang pertama bola melayang jauh ke atas mistar, sedangkan kesempatan setelahnya digagalkan Weidenfeller. Ribery akhirnya memecah kebuntuan setelah lewat akselerasinya membongkar pertahanan Dortmund.

Weidenfeller yang mencoba menutup ruang tembak pemain timnas Belanda, tapi kali ini Robben lebih tenang. Bola berhasil ditempatkan di pojok gawang sekaligus melunasi dua kealpaan yang dibuatnya di babak pertama. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Bayern dan setelah empat menit tambahan tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kemenangan di Wembley ini melengkapi gelar Bayern di Bundesliga Jerman.

Susunan pemain kedua tim:

Borrusia Dortmund: Roman Weidenfeller; Mats Hummels, Neven Subotic, Lukasz Piszczek, Marcel Schmelzer; Sven Bender, Ilkay Gundogan; Jakub Blaszczykowski, Marco Reus, Kevin Grosskreutz; Robert Lewandowski.

Bayern Muenchen: Manuel Neuer; Dante, Jerome Boateng, Philipp Lahm, David Alaba; Bastian Schweinsteiger, Javi Martinez; Thomas Muller, Arjen Robben, Franck Ribery; Mario Mandzukic.

(akr)

Source : http://soccer.sindonews.com/read/2013/05/26/57/731782/robben-hantar-the-bavarians-juara-champions